Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Cemas Mau Pensiun? Ini Persiapan dan Aktivitas yang Wajib Dicoba agar Tetap Produktif

Cemas Mau Pensiun? Ini Persiapan dan Aktivitas yang Wajib Dicoba agar Tetap Produktif

JAKARTA, (ERAKINI) - Masa pensiun adalah salah satu fase penting dalam kehidupan seseorang. Pensiun memiliki dampak besar pada kondisi keuangan, kesehatan, dan mental.

Definisi pensiun bisa bervariasi bagi setiap individu. Secara umum, pensiun sering diartikan sebagai berhenti bekerja sepenuhnya. Bagi sebagaian orang memasuki masa pensiun mungkin sebuah kebahagiaan karena bisa menghabiskan banyak waktu untuk keluarga dan hobi. Tapi, banyak juga yang cemas dalam menghadapi masa pensiun. Hal ini disebabkan kondisi keuangan yang mungkin terganggu karena pemasukan berkurang.

Bagi yang memiliki banyak uang pun, masa pensiun juga bisa membuat kecemasan. Terutama bagi mereka yang punya posisi atau jabatan. Mereka memandang pensiun sebagai kemunduran karena harus melepas statusnya di perusahaan.

Banyak juga orang merasa tidak siap menghadapi masa pensiun karena merasa banyak waktu kosong yang tidak produktif. Bagi kamu yang  merasa berat mendekati masa pensiun, maka perlu melakukan beberapa persiapan. Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/7/2024), berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan dalam menghadapi masa pensiun:

1. Persiapkan Mental
Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah mental. Banyak orang ikut program persiapan pensiun ataupun datang ke psikolog sekadar untuk ketenangan hati.

Biasanya orang yang lebih berat secara mental menerima pensiun adalah mereka yang memiliki kedudukan tinggi atau jabatan. Kehilangan status sebagai bos atau pejabat dan harus pensiun bisa berpengaruh besar pada mental.

2. Siapkan Investasi
Bagi yang akan pensiun 3-4 tahun lagi, perlu dipertimbangkan untuk menyiapkan investasi untuk mendukung kehidupan setelah pensiun. Seperti investasi penyewaan property atau kos-kosan.

Investasi semacam ini bisa menjadi income pasif. Tanpa banyak bekerja, pensiunan bisa mendapatkan penghasilan bulanan secara rutin.

3. Atur Manajemen Keuangan
Buat kamu yang punya dana pensiun pas-pasan, ada baiknya melakukan persiapan keuangan dengan matang. Salah satu langkah penting dalam merencanakan pensiun adalah menetapkan tujuan keuangan yang jelas.

Menghitung dengan teliti berapa banyak dana yang diperlukan untuk membiayai hidup setelah pensiun, termasuk untuk kebutuhan sehari-hari, kebutuhan anak sekolah, biaya kesehatan, liburan, dan hobi.

4. Siapkan Kegiatan Produktif
Untuk yang berpikir masa pensiun kurang produktif, cobalah kegiatan usaha yang lebih menghasilkan. Seperti membuka usaha kecil-kecilan untuk mengisi waktu tetapi tetap produktif.

Usaha yang bisa dipilih bisa jadi content creator, kuliner dan usaha lainnya. Selama modal tersedia dan memiliki planning usaha yang bagus, pasti kegiatan ini bisa menghasilkan.

Aktivitas Ringan di Masa Pensiun
Perlu diingat, pensiun bukan akhir dari segalanya. Justru bisa menjadi awal petualangan baru yang penuh makna dan produktif. Memasuki masa pensiun bisa menjadi momen untuk mengeksplorasi minat, bakat, dan keinginan yang mungkin terabaikan selama masa aktif bekerja.

Selain keempat persiapan di atas, kamu bisa menikmati masa pensiun dengan riang gembira dan bahagia. Banyak psikolog menganjurkan para pensiunan menjalanan hobi yang kurang tersalurkan saat aktif bekerja.

Menjalani hobi dan kegiatan sosial bisa mengisi waktu dan menjadi sumber motivasi bagi para pensiunan. Hobi dan kegiatan yang bisa dijalankan antara lain:

1. Berkebun
Menanam sayuran atau merawat taman bunga tidak hanya memberikan kepuasan estetika tetapi juga manfaat kesehatan yang signifikan. Berkebun bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti menanam sayuran atau taman bunga di pekarangan rumah.

2. Mengajar
Mengajar menjadi opsi yang baik untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Mengajar tidak hanya tentang menyebarkan ilmu, tetapi juga dapat menjaga otak tetap aktif, mencegah penurunan kognitif, dan memberikan kepuasan pribadi.

3. Menjadi Relawan
Sebuah studi yang dilakukan Center for Social Development, Washington University, di St. Louis, menyebutkan, mereka yang menjadi relawan mendapatkan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi dalam hidupnya. Jadi, bergabung dengan organisasi sukarela selain berkontribusi positif pada masyarakat juga dapat meningkatkan kesejahteraan pribadi.

4. Olahraga
Mengelola kesehatan fisik dan mental dengan berbagai aktivitas fisik sangat penting di masa pensiun.
Jika merasa bosan dengan jenis olahraga tertentu, mencoba jenis olahraga baru yang dapat memberikan tantangan dan kesenangan. Seperti berenang atau hiking.

5. Belajar Hal Baru
Menyempatkan diri untuk mempelajari keterampilan baru lainnya dapat merangsang pikiran dan memberikan kepuasan batin yang besar. Meski tidak memiliki bakat, bisa mencoba belajar piano, gitar, atau bahkan belajar bernyanyi.

6. Bersosialisasi
Aktivitas sosial, seperti menghadiri reuni atau bertemu dengan teman lama, dapat memberikan kegembiraan dan kenangan masa lalu. Bersosialisasi tidak hanya membantu mengatasi kesepian di masa tua tetapi juga memperkuat hubungan sosial yang penting untuk keseimbangan emosional.

7. Pemandu Wisata
Menjadi pemandu untuk destinasi wisata di sekitar tempat tinggal juga sangat menarik untuk mengisi waktu pensiun. Selain membuat suasana lebih happy, menjadi pemandu wisata juga bisa menjadi sumber penghasilan baru.

8. Memancing
Memancing adalah salah satu hobi paling populer di kalangan pensiunan di Indonesia. Aktivitas santai di alam terbuka seperti memancing tidak hanya menyegarkan pikiran tetapi juga menghadirkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam.


Editor:

Gaya Hidup Terkini