Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Nyaman dan Biaya Hidup Murah, 20 Kota Ini Cocok untuk Tempat Pensiun Habiskan Masa Tua

Nyaman dan Biaya Hidup Murah, 20 Kota Ini Cocok untuk Tempat Pensiun Habiskan Masa Tua

JAKARTA, (ERAKINI) - Setiap pekerja pasti menghadapi yang namanya pensiun. Tentu ada yang sudah memikirkan kota tempat pensiun untuk menghabiskan masa tua tersebut.

Bagi pekerja di kota-kota besar seperti Jakarta, banyak yang menginginkan masa pensiun bisa hidup dengan tenang dan nyaman. Maklum, bertahun-tahun sudah menghadapi hiruk-pikuk dan sibuknya Kota Jakarta

Bahkan, tak jarang ada yang memilih pulang kampung untuk menghabiskan masa tua di tanah kelahiran. Tetapi, ada juga yang ingin menghabiskan masa pensiun ke kota lain, karena beberapa faktor.

Pemilihan kota yang tepat untuk menjadi tempat tinggal di masa pensiun memang perlu banyak pertimbangan. Mulai dari kondisi infrastruktur, lokasi belanja kebutuhan hidup, layanan kesehatan, lingkungan yang nyaman, dan biaya hidup, semuanya harus dipertimbangkan dengan cermat.

Bagi Anda yang masih bingung mencari tempat untuk menghabiskan masa tua yang nyaman dan tenang, ada beberapa pilihan kota di Indonesia yang bisa jadi pertimbangan. Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/7/2024), kota-kota ini biasanya diincar para pensiunan untuk menghabiskan hari tua, berikut lokasinya:

  1. Kulonprogo, Yogyakarta. Kulonprogo menawarkan biaya hidup murah, kehidupan yang santai, dan dekat dengan alam. Terletak di sisi barat daya Yogyakarta, Kulonprogo dikenal dengan pertaniannya yang subur dan deretan pantai indah di sepanjang Samudera Hindia.

  2. Ubud, Bali. Ubud terkenal dengan keindahan persawahan berundak, udara sejuk, dan kehidupan yang tenang. Terletak di Bali, Ubud juga menawarkan beragam pilihan kuliner lokal dengan harga terjangkau.

  3. Wonosobo, Jawa Tengah. Wonosobo dikenal dengan Dataran Tinggi Dieng yang indah. Udara sejuknya, suasana alami, dan kehidupan kota yang relatif kecil menjadikannya pilihan ideal untuk tinggal di masa tua.

  4. Majalengka, Jawa Barat. Majalengka, yang dikenal sebagai 'Kota Pensiun', menawarkan keindahan alam dengan gunung-gunung yang memikat. Infrastruktur yang memadai seperti jalan tol dan bandara juga membuatnya semakin diminati.

  5. Salatiga, Jawa Tengah. Salatiga, kota kecil di kaki Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo, menawarkan udara sejuk, lingkungan hijau, dan tingkat toleransi yang tinggi. Akses transportasi yang mudah membuatnya semakin nyaman untuk tinggal.

  6. Kintamani, Bali. Kintamani adalah daerah dataran tinggi di Bali dengan keindahan alamnya, terutama Danau Batur dan Gunung Batur. Suasana tenang dan masyarakat yang hangat menjadikannya pilihan yang menarik bagi pensiunan.

  7. Nagari Pariangan, Sumatra Barat. Nagari Pariangan terkenal dengan sawah terasering yang mempesona dan udara segar di lereng Gunung Marapi. Desa ini juga memiliki sejarah panjang sebagai salah satu negeri tertua di Minangkabau.

  8. Banyuwangi, Jawa Timur. Banyuwangi menawarkan keindahan alam seperti pantai-pantai cantik dan cagar alam yang menarik. Meskipun tidak terlalu besar, akses transportasinya cukup baik dan pelayanan publiknya nyaman.

  9. Solo, Jawa Tengah. Solo dikenal sebagai pusat budaya Jawa, memiliki kekayaan budaya tradisional dan kuliner yang lezat. Infrastruktur yang baik dan biaya hidup terjangkau menjadikannya pilihan yang menarik untuk tinggal di masa tua.

  10. Malang, Jawa Timu.r Malang adalah kota besar yang menggabungkan keindahan alam dengan fasilitas perkotaan modern. Keindahan gunung dan pantai yang eksotis serta kuliner yang terkenal enak menjadikannya destinasi menarik untuk pensiunan aktif.

Selain mempertimbangkan keindahan alam, penting juga untuk merencanakan keuangan dengan matang saat memilih tempat untuk masa tua. Sebelum memutuskan, sebaiknya Anda mengetahui biaya hidup di tempat yang akan dijadikan kota destinasi pensiun.

Berikut daftar 10 kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia berdasarkan Survei Biaya Hidup (SBH) BPS tahun 2022:

  1. Cilacap, Jawa Tengah: Rp 5,37 juta per bulan.
  2. Maumere, Nusa Tenggara Timur: Rp 5,52 juta per bulan.
  3. Sibolga, Sumatera Utara: Rp 5,68 juta per bulan.
  4. Kudus, Jawa Tengah: Rp 5,71 juta per bulan.
  5. Tegal, Jawa Tengah: Rp 5,86 juta per bulan.
  6. Purwokerto, Jawa Tengah: Rp 5,88 juta per bulan.
  7. Singaraja, Bali: Rp 5,97 juta per bulan.
  8. Sumenep, Madura, Jawa Timur: Rp 5,99 juta per bulan.
  9. Jember, Jawa Timur: Rp 6,09 juta per bulan.
  10. Waingapu, Nusa Tenggara Timur: Rp 6,15 juta per bulan.

Sebagai perbandingan, berikut adalah 10 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia:

  1. DKI Jakarta: Rp 14,88 juta per bulan.
  2. Bekasi, Jawa Barat: Rp 14,34 juta per bulan.
  3. Surabaya, Jawa Timur: Rp 13,36 juta per bulan.
  4. Depok, Jawa Barat: Rp 12,35 juta per bulan.
  5. Makassar, Sulawesi Selatan: Rp 11,5 juta per bulan.
  6. Tangerang, Banten: Rp 10,96 juta per bulan.
  7. Bogor, Jawa Barat: Rp 10,73 juta per bulan.
  8. Kendari, Sulawesi Tenggara: Rp 10,23 juta per bulan.
  9. Batam, Kepulauan Riau: Rp 10,03 juta per bulan.
  10. Balikpapan, Kalimantan Timur: Rp 9,87 juta per bulan.


Editor:

Gaya Hidup Terkini