Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Tertarik Masuk SMA Taruna Muhammadiyah Magelang? Ini Syarat Pendaftaran PPDB 2024

Tertarik Masuk SMA Taruna Muhammadiyah Magelang? Ini Syarat Pendaftaran PPDB 2024

MAGELANG, (ERAKINI) - Magelang memiliki dua SMA yang mengusung konsep ketarunaan. Kedua SMA taruna tersebut, yakni SMA Taruna Nusantara dan SMA Taruna Muhammadiyah (SMA TarunaMu).

SMA TarunaMu merupakan lembaga pendidikan berasrama yang bernaung di bawah Pimpinan Ranting Muhammadiyah Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengan. SMA TarunaMu dibangun pada tahun 2017 dan mulai beroperasi pada tahun pelajaran 2018/2019.

SMA TarunaMu terletak di daerah yang sangat strategis di Jalan KR Santri, Dukuhan Baru, Gunungpring, Provinsi Jawa Tengah. Berdiri di atas tanah seluas 12.000 meter persegi, SMA TarunaMu memiliki pemandangan indah di sekelilingnya.

SMA TarunaMu menerapkan kurikulum nasional dalam pembelajarann yang terintegrasi dengan kurikulum ketarunaan. Oleh karena itu, SMA TarunaMu memiliki kekhasan yang disebut tiga pilar khas, yaitu.

1. Kemandirian
Karakter mandiri adalah salah satu pilar khas di SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring. Mengusung konsep boarding school atau sekolah berasrama, SMA TarunaMu mewajibkan siswanya tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan. Dengan sistem boarding school, siswa dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri dan cekatan.

2. Keagamaan
Pemahaman Al-Quran dengan metode Manhaji dan menekankan penggunaan tiga bahasa, yakni bahasa Jawa, bahasa Inggris, dan bahasa Arab. Himpunan Putusan Tarjih (HPT) menjadi materi wajib yang diajarkan di SMA TarunaMu.

Materi yang disampaikan dalam HPT adalah fiqih, akidah, ibadah, dan materi agama secara global dan kontemporer. Hampir di semua aktivitas terintegrasi dengan Al-Quran.

3. Akademik
Program studi yang diterapkan pada tahun pelajaran 2019/2020 di SMA TarunaMu  adalah MIPA dan IIS. Sedangkan kurikulum yang diterapkan di SMA TarunaMu adalah Kurikulum Nasional tahun 2013 yang dipadukan dengan kurikulum ketarunaan. Kurikulum nasional dilaksanakan untuk memenuhi standar yang diwajibkan oleh pemerintah, sedangkan kurikulum ketarunaan diterapkan untuk membentuk siswa menjadi calon pemimpin yang tahan banting.

Bagi kamu yang tertarik masuk SMA TarunaMu, perlu memperhatikan persyaratan menjadi taruna/taruni. Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024/2025, persyaratan pendaftaran jadi taruna SMA TarunaMu, sebagai berikut:  

1. Usia maksimal 17 tahun per 1 Juli 2024
2. Pas Foto SMP berseragam OSIS berwarna ukuran 3x4 (3 lembar)
3. Fotokopi Akta Kelahiran
4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
5. Leger nilai rapor SMP/MTs semester I-V
6. Hasil medical check up dari rumah sakit yang meliputi pemeriksaan fisik umum,p pemeriksaan gigi, pemeriksaan jiwa, pemeriksaan HBsAg, pemeriksaan NAPZA, dan pemeriksaan rontgen thorax.

Untuk dapat mendaftar dan mengikuti seleksi PPDB SMA TarunaMu, calon peserta didik harus terlebih dahulu membuat akun yang akan digunakan selama proses PPDB berlangsung, mulai dari pendaftaran hingga hasil kelulusan. Kemudian membayar biasa seleksi PPDB sebesar Rp350.000.

Berkas-berkas syarat pendaftaran tersebut dikirimkan via pos yang ditujukan kepada Panitia PPDB 2024/2025. Atau bisa datang langsung ke alamat SMA Taruna Muhammadiyah Gunungpring di Jalan KR Santri, Dukuhan Baru, Gunungpring, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.


Editor:

Gaya Hidup Terkini