Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Magelang Cocok Jadi Tempat Nikmati Pensiun di Masa Tua, Ini Alasannya!

Magelang Cocok Jadi Tempat Nikmati Pensiun di Masa Tua, Ini Alasannya!

JAKARTA, (ERAKINI) – Mencari tempat tinggal untuk menikmati masa pensiun dan menghabiskan masa tua yang nyaman dan tenang barangkali menjadi impian setiap orang. Misalnya, bagi orang-orang yang telah lama bekerja di kota besar, tempat yang diidam-idamkan untuk menikmati masa pensiun adalah tempat atau rumah yang asri, sejuk, tenang serta jauh dari hiruk pikuk keramaian dan kebisingan. Terlebih ada view atau pemandangan yang menyejukkan hati yang bebas polusi.

Pemilihan lokasi yang tepat untuk menjadi tempat tinggal di masa pensiun tentunya perlu banyak pertimbangan. Mulai dari kondisi lingkungan yang nyaman, biaya hidup terjangkau, infrastruktur memadai, lokasi belanja untuk kebutuhan hidup hingga layanan kesehatan perlu  dipertimbangkan secara cermat.

Nah, terkait hal itu, salah satu lokasi yang Erakini rekomendasikan adalah Magelang. Magelang adalah sebuah wilayah kecil di Jawa Tengah yang terbilang cukup strategis untuk menikmati masa pensiun. Magelang terbagi menjadi dua wilayah yaitu, Kabupaten Magelang (dengan luas 1.085,73 km2) dan Kota Magelang (dengan luas 16,06 km2). Wilayah ini sangat cocok terlebih untuk orang-orang yang menginginkan ketenangan dan suasana sejuk pegunungan.

Berikut ini alasan mengapa harus memilih menghabiskan masa pensiun di Magelang Jawa Tengah!

1. Lokasi Sejuk dan Diapit 5 Gunung

Tak heran jika Magelang menjadi wilayah dengan udara sejuk dan cocok untuk menikmati suasana pegunungan karena lokasinya yang sangat strategis diapit 5 gunung, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Menoreh. Suhu yang sejuk membuat Magelang menjadi tempat yang ideal bagi mereka yang menyukai udara segar dan alami.

2. Biaya Hidup Murah

Biaya hidup di Magelang relatif murah. Menurut Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) untuk Kabupaten Magelang tahun 2024, biaya hidup per orang sekitar Rp1.058.976 per bulan (dengan UMK Rp2.316.890). Untuk di Kota Magelang tahun 2024 di Kota Magelang sekitar Rp1.672.450 per bulan (dengan UMK Rp2.142.000). Jadi dengan estimasi survei tersebut, biaya hidup di Magelang cukup terjangkau.

3. Cita Rasa Kuliner Tradisional yang Bertanding

Bagi para penikmat kuliner, cita rasa Magelang tak kalah dengan beberapa wilayah Jawa Tengah lainnya seperti Solo, Salatiga dan lainnya. Terlebih untuk para pecinta kuliner tradisional. Menu makanan khas Magelang bisa menjadi pilihan yang cocok seperti kupat tahu, nasi goreng magelangan, gethuk, soto lesah, buntil daun talas, mangut beong, dan masih banyak lagi.

4. Punya Fasilitas Memadai

Meski terbilang wilayah kecil, Magelang memiliki fasilitas sosial dan umum yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan. Dari sekolah, rumah sakit, pasar, pusat perbelanjaan, perguruan tinggi, bank dan fasilitas lainnya tergolong lengkap.

 

 

5. Punya Segudang Wisata Alam

Tak perlu khawatir soal tempat wisata karena di Magelang punya segudang wisata mulai dari wisata alam yang cocok dikunjungi bersama keluarga seperti Nepal Van Java, Silancur Highland, Ketep Pass, Taman Kyai Langgeng, sejumlah air terjun dan masih banyak lagi.

6. Punya Destinasi Wisata Kelas Dunia

Pastinya semua tahu tentang Candi Borobudur kan? Ya Candi Borobudur yang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 ini berlokasi di Magelang. Jadi cukup menyenangkan untuk yang hobi wisata bersama keluarga untuk menikmati suasana candi yang menakjubkan ini. Bahkan para turis asing pun banyak yang menyerbu Candi Borobudur.

7. Akses Strategis dengan Infrastruktur yang Baik

Magelang termasuk kota strategis yang berada di antara Semarang dan Yogyakarta. Jarak Magelang ke Semarang kurang lebih 81 km, sementara jarak Magelang ke Kota Yogyakarta kurang lebih 44 km. Dengan infrastruktur yang memadai bahkan hingga ke pelosok desa, tinggal di Magelang akan memudahkan orang untuk mengakses kota lain hingga tempat wisata indah di sekitar Magelang.

8. Punya Akademi Militer

Salah satu keistimewaan Magelang adalah memiliki akademi militer yang menghasilkan perwira TNI Angkatan Darat yang telah berdiri sejak 1957. Akademi militer ini telah melahirkan banyak perwira yang menjadi petinggi TNI, menteri, hingga presiden seperti Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Gaya Hidup Terkini