Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

9 Alumni SMA Taruna Nusantara Magelang yang Berkarier Moncer di Politik

9 Alumni SMA Taruna Nusantara Magelang yang Berkarier Moncer di Politik

MAGELANG, (ERAKINI) - SMA Taruna Nusantara, Magelang, memiliki prestasi membanggakan dalam menghasilkan alumni yang berhasil di berbagai bidang. Salah satunya berkarier moncer di bidang politik.

Terletak di Provinsi Jawa Tengah, SMA Taruna Nusantara terkenal dengan pendidikan semi-militer dan pengembangan kepemimpinan. Didirikan sejak tahun 1990, tujuan utam SMA taruna ini adalah menghasilkan lulusan yang unggul tidak hanya secara akademis tetapi juga dalam kepemimpinan, disiplin, dan patriotisme.

Tak heran apabila SMA Taruna Nusantara Magelang memiliki alumni top di berbagai bidang. Berdasarkan data Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA) yang  dikutip dari lama  resminya, Selasa (11/6/2024), saat ini tercatat 9 anggotanya yang berkiprah di bidang politik. Berikut profil singkatnya:

1. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
AHY merupakan alumni SMA Taruna Nusantara yang saat ini menduduki posisi terbaik di bidang politik. Selain  menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional sejak 21 Februari 2024, AHY saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat sejak tahun 2020 menggantikan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

AHY merupakan salah satu lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara angkatan 1997. AHY meraih Garuda Trisakti Tarunatama Emas, predikat sebagai lulusan terbaik. Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Akmil. AHY lama berkarier di TNI AD dengan pangkat terakhir Mayor.

2. Sugiono
Sugiono satu angkatan dengan AYH di SMA Taruna Nusantara. Ia kemudian menempuh pendidikan S1 Teknik Komputer di Universitas Norwich, S2 Magister Manajemen dan Magister Bisnis University of Konstanz.

Sugino saat ini menjabat sebagai anggota DPR-RI periode 2019–2024. Ia mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah I, meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, dan Kota Semarang. Sugiono merupakan kader Partai Gerindra yang bertugas di Komisi I DPR RI.

Sugiono berlatar belakang prajurit Kopassus dengan pangkat terakhir Letnan Satu. Ia juga Sekretaris Pribadi Prabowo Subianto yang pernah menjabat Wakil Ketua Umum Bidang Kaderisasi dan Informasi Strategis DPP Partai Gerindra (2014–2020), anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra (2014-2020),  Wakil Ketua Harian DPP Partai Gerindra (2020-2025)

3. Danang Wicaksana Sulistya
Danang Wicaksana Sulistya lulus SMA Taruna Nusantara Magelang tahun 1997. Ia saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Gerindra Bidang Informasi Strategis dan pernah menduduki berbagai jabatan, termasuk Ketua DPD Gerindra Provinsi Kalimantan Timur periode 2018-2019.

Lulusan Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia ini tercatat pernah maju dalam Pilkada Sleman sebagai wakil bupati dan berpasangan dengan Yuni Setia Rahayu, tapi kalah dari pasangan Sri Purnomo-Sri Muslimatun

4. Sigit Raditya
Sigit Raditya merupakan salah satu pejabat fungsionaris Partai Demokrat yang sekarang menjabat sebagai Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat Masa Bakti 2020-2025.

Ia lulusa SMA Taruna Nusantara tahun 1997. Setelah menamatkan SMA Taruna Nusantara, Sigit mengikuti Pendidikan Militer di ROTC Norwich University, Amerika Serikat dan lulus pada tahun 2000. Ia meraih gelar Bachelor of Computer Information System pada tahun yang sama.

Sebelum terjun ke dunia politik, ia merupakan Komandan Batalyon Infanteri 312/Kala Hitam Subang pada tahun 2018-2019 dan pada tahun 2019 memutuskan untuk pensiun dini dari dunia militer yang sudah digelutinya selama selama 19 tahun sejak lulus dari Pendidikan Militer.

5. Agust Jovan Latuconsina
Agust Jovan Latuconsina atau yang akrab disapa Jovan, adalah Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat, dan juga seorang kandidat Doktor dari Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga, Surabaya.

Ia lulus SMA Taruna Nusantara tahun 1997. Lulus dari SMA Taruna Nusantara, Jovan diterima sebagai Taruna Akmil. Usai menjalani Pendidikan selama tiga setengah tahun, ia lulus sebagai Perwira TNI berpangkat Letnan Dua (Letda) dengan kecabangan Infanteri (Inf).

Jovan menjalani karier sebagai militer profesional di TNI selama 19 tahun. Pada bulan September 2013, ia sempat bergabung di Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi Strategis (2013–2014). Delapan bulan kemudian ia berangkat mengikuti Pendidikan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) di Nanjing Army Command College (NACC), di Tiongkok, dan lulus sebagai salah satu siswa terbaik asal luar negeri dengan predikat Excellent Student.

Pada awal tahun 2019 ia memutuskan untuk pensiun dini dari dunia militer. Ia bergabung dengan Partai Demokrat yang pada saat itu menjabat sebagai Deputi Operasi Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat periode 2019-2020. Saat ini Jovan dipercaya AHY untuk menjabat sebagai salah satu pejabat teras Partai Demokrat, yakni sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat periode 2020-2025.

6. Herzaky Mahendra Putra
Herzaky Mahendra Putra merupakan politisi muda dan pengusaha asal Kalimantan Barat yang kini menjabat Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) dan Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat.

Bersama AHY, Herzaky saat ini sedang menempuh studi di program doktoral Pengembangan Sumber Daya Manusia di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur. Herzaky lulus SMA Taruna Nusantara tahu 1997. Di bangku SMA inilah kedekatan Herzaky dengan Agus Harimurti Yudhoyono bermula. Mereka merupakan teman seangkatan dan sama-sama aktif dan berprestasi.

Jika AHY lulusan terbaik di keseluruhan aspek dan meraih penghargaan Garuda Trisakti Tarunatama Emas, Herzaky lulus dengan predikat terbaik di aspek akademis untuk jurusan IPS, sehingga mendapatkan penghargaan Kartika Cendekia.

Tidak seperti kebanyakan lulusan SMA Taruna Nusantara yang lebih menempuh karir di dunia militer, Herzaky justru memantapkan pilihannya di dunia akademis sebelum akhirnya terjun ke politik.

7. Prasetyo Hadi
Prasetyo Hadi merupakan politikus Partai Gerindra yang menjabat sebagai anggota DPR-RI sejak 1 September 2020 menggantikan Harry Poernomo yang mengundurkan diri pada Juli 2020.

Ia mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah VI, yang meliputi Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kota Magelang.

Alumni SMA Taruna Nusantara tahun 1998 ini bertugas di Komisi II yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri dan Otonomi Daerah; Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi; Kepemiluan; dan Pertanahan dan Reforma. Di partai, ia menjabat Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPP Partai Gerindra sejak 2008 hingga sekarang.

8. Yoga Dirga Cahya
Yoga Dirga Cahya merupakan aktivis Indonesia yang giat membantu tenaga kerja Indonesia khususnya yang berada di Singapura di mana dia pernah menempuh pendidikan dan bekerja di sana.

Dengan kapasitasnya sebagai Presiden Asosiasi Profesional Indonesia di Singapura, Yoga memperjuangkan pencabutan biaya fiskal bagi TKI melalui pendekatan dengan KBRI Singapura dan pemerintah Indonesia. Yoga salah satu calon anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional pada pemilu 2014, tetapi tidak terpilih.

Yoga adalah alumnus SMA Taruna Nusantara tahun 2004 yang aktif di Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia di Singapura (FKMIS) sebagai ketua sejak tahun 2012. Karier organisasinya diawali sejak bergabung dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Singapura dan menjadi Presiden dari Indonesian Professional's Association (IPA) tahun 2010.

Pada 20 Februari 2015, Yoga meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, setelah mengalami gagal ginjal .

9. Sudaryono B
Sudaryono B merupakan pengusaha dan politikus yang kini menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Ketua Umum DPP APPSI, dan Ketua Dewan Pembina PAPERA.

Sudaryono mendapat beasiswa di SMA Taruna Nusantara sebagai salah satu perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah. Rasa percaya diri dan kompetensinya berbuah manis. Setelah lulus, anak lelaki satu-satunya ini mendapatkan beasiswa di Akademi Pertahanan Nasional, Jepang. Di sana, ia memperoleh disiplin militer, pengetahuan dan pengalaman tentang budaya Jepang, kualitas kepemimpinan, dan memperluas pandangan dunianya secara global.

Sepulangnya ke Indonesia, Sudaryono bergabung dengan Prabowo Subianto sebagai asisten pribadi dan menjabat sebagai CEO di Nusantara Energy. Berkat jiwa kepemimpinan dan wawasan globalnya, Sudaryono kemudian mendapatkan kepercayaan menjadi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Gerindra.

Pada Agustus 2021 Sudaryono terpilih sebagai Ketua Umum DPP Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI)dan Ketua Dewan Pembina Pedagang Pejuang Indonesia Raya (PAPERA).


Editor:

Gaya Hidup Terkini