Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Buah Pisang Bisa Atasi Diare? Simak Fakta Medisnya di Sini!

Buah Pisang Bisa Atasi Diare? Simak Fakta Medisnya di Sini!

JAKARTA, (ERAKINI) - Diare adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan buang air besar yang lebih sering dan lebih encer dari biasanya. Penyebab diare umumnya dipicu karena bakteri atau virus pada makanan atau minuman yang dikonsumsi. Salah satu makanan yang sering dianjurkan untuk dikonsumsi saat diare adalah pisang.

Banyak yang meyakini bahwa pisang bisa untuk mengatasi diare berkat beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Lantas, bagaimana fakta medis penggunaan buang pisang untuk diare?

Dilansir dari laman Alodokter, nutrisi yang terkandung dalam buah pisang sangat beragam, seperti serat, protein, kalium, magnesium, dan vitamin C. Selain itu, pisang juga mengandung pektin atau jenis serat alami pada tanaman, terutama buah-buahan.

Berkat kandung pektin inilah, pisang menjadi buah yang cocok untuk dikonsumsi saat diare. Pektin bekerja dengan menyerap air dan membantu meningkatkan konsistensi tinja. Berkat itu, tinja menjadi lebih padat dan frekuensi buang air besar berkurang.

Selain itu, kandungan pektin pada buah pisang juga berfungsi sebagai prebiotik, yaitu makanan bagi bakteri baik yang hidup di dalam usus (probiotik). Sehingga, konsumsi pisang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dan mengurangi diare yang disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri.

Jenis serat pada pisang menjadi alasan mengapa pisang untuk diare sangat cocok. Hal ini dimungkinkan karena jumlah serat pada buah ini tergolong rendah sehingga tidak akan memperparah gejala diare.Tidak hanya itu, pisang juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk menggantikan elektrolit yang terbuang selama diare.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa mengonsumsi pisang efektif untuk mengatasi diare dan bisa membantu mempercepat penyembuhan diare. Namun, tetap dianjurkan agar mengonsumsi buah pisang dengan cara dan jumlah yang tepat.

Buah pisang sebaiknya tidak diolah terlebih dahulu agar manfaatnya menjadi lebih optimal. Selain itu, sebaiknya jumlah buah pisang yang dikonsumsi sebanyak 1–2 buah pisang dalam sehari. Hal itu karena mengonsumsi pisang terlalu banyak dapat menyebabkan kelebihan kalium di dalam tubuh (hiperkalemia).

Gaya Hidup Terkini