Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa 1 Muharram yang Dianjurkan Nabi

Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa 1 Muharram yang Dianjurkan Nabi

Puasa tanggal 1 Muharram adalah puasa di awal tahun baru Islam yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam. Berikut penjelasan lengkap mengenai puasa tanggal 1 Muharram.

Dilansir dari NU Online, berikut penjelasan tentang puasa 1 Muharram, sebagai berikut: 

 مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنَ الْمُحَرَّمِ فَلَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا. رواه الطبراني في المعجم الصغير. وفي الكبير: ثَلَاثُونَ حَسَنَةً

Artinya: Orang yang berpuasa sehari dari bulan Muharram, maka dengan puasa per harinya ia mendapatkan (pahala puasa) 30 hari. (HR At-Thabarani dalam Al-Mu'jamus Saghir).

Selain itu, puasa Muharram hukumnya sunah dan lebih utama dari puasa Sya'ban. Nabi Muhammad SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعدَ الفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ. (رواه مسلم)

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, ia berkata: 'Rasulullah SAW bersabda: 'Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardu adalah shalat malam." (HR Muslim).

Imam an-Nawawi menjelaskan, hadist di atas adalah dalil sharih atau sangat jelas yang menunjukkan kesimpulan hukum bahwa bulan yang paling utama untuk berpuasa setelah Ramadhan adalah Muharram. 

Dari hadis itu bisa dipahami bahwa semakin banyak berpuasa di bulan Muharram maka semakin baik. Bahkan muslim boleh puasa sepanjang Muharram apabila tidak memberatkan.

Kemudian berdasarkan hadis dan penjelasan ulama, 10 hari pertama Muharram dan tanggal 11 Muharram merupakan hari-hari yang lebih utama untuk berpuasa. Adaoun keutamaan Puasa Muharram yaitu menjadi pelebur dosa setahun yang telah lewat.

Waktu Puasa Muharram:
Tanggal 1 Muharram 1445 berdasarkan kalender Hijriah yang diterbitkan Kementerian Agama RI jatuh pada hari Rabu, 19 Juli 2023. Maka, di tanggal itulah umat muslim bisa melaksanakan puasa tanggal 1 Muharram.

Niat puasa 1 Muharram :
 

نَوَيْتُ صَوْمَ الْمُحَرَّمِ لِلّٰهِ تَعَالَى

‘Nawaitu shaumal Muharrami lilahi ta'ala’
Artinya: Saya niat puasa Muharram karena Allah ta'ala.

Tata Cara Puasa 1 Muharram

1. Niat
Niat bisa dilakukan dalam hati namun juga disunahkan diucapkan dengan lisan. Niat puasa tanggal 1 Muharram bisa dilakukan sejak malam hingga siang sebelum matahari tergelincir ke barat. Dengan syarat belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar atau sejak masuk waktu subuh.

2. Makan sahur
Seperti halnya puasa pada umumnya, menikmati santapan sahur lebih utama dilakukan di akhir waktu atau menjelang imsak.

3. Menahan diri dari yang membatalkan puasa
Setelah niat dan sahut, selanjutnya adalah menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa, mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum dan yang lainnya.

4. Menjaga diri dari yang menghilangkan pahala
Hal-hal yang membatalkan pahala seperti berkata kotor, menggunjing orang, dan perbuatan dosa lainnya.

5. Berbuka puasa di awal waktu
Orang yang berpuasa dianjurkan segera berbuka puasa saat tiba waktu magrib.


Editor:
JADWAL SHOLAT
13 Juli 2024
06 Muharam 1446
Imsak
04:34
Subuh
04:44
Dzuhur
12:00
Ashar
15:22
Magrib
17:54
Isya'
19:08

Hikmah Terkini