Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Capaian Skor AKMI Literasi Sains Siswa Madrasah Perempuan Relatif Lebih Tinggi

Capaian Skor AKMI Literasi Sains Siswa Madrasah Perempuan Relatif Lebih Tinggi

JAKARTA, (ERAKINI) – Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah telah menyelenggarakan Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) yang berlangsung 2-14 Oktober 2023.

Adapun Hasil AKMI 2023 literasi sains ditinjau dari aspek gender menunjukkan bahwa siswa madrasah perempuan memiliki capaian kompetensi relatif tinggi dibandingkan siswa madrasah laki-laki. Hal itu disampaikan oleh salah satu pemateri Seminar Nasional Hasil AKMI 2023 Chaerul Rochman dari Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung Muslim, Selasa (5/11/2023).

Di awal pembahasan, Chaerul Rochman memaparkan tujuan pelaksanaan AKMI literasi sains. Menurutnya, pelaksanaan AKMI literasi sais bertujuan untuk mengukur sejauh mana peserta didik madrasah memahami konsep-konsep sains, kemampuan dalam menganalisis informasi ilmiah dan kemampuan dalam berpikir kritis tentang isu-isu yang berkaitan dengan sains.

“Secara kualitas bahwa kebutuhan dalam proses kegiatan belajar mengajar telah terpenuhi untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, akan tetapi hasil AKMI 2023 literasi sains ditinjau dari aspek gender, ternyata peserta didik berjenis kelamin Perempuan memiliki capaian kompetensi relatif tinggi dibandingkan peserta didik berjenis kelamin laki-laki,”ujar Chaerul.

Hasil ini, kata dia, menjadi pembuktian bahwa ada peningkatan kemampuan literasi sains pada peserta didik perempuan. Namun demikian, agar hasil skor literasi sains yang didapatkan antara peserta didik laki-laki dan perempuan bisa seimbang, solusi yang dapat diambil adalah engan pembelajaran kolaboratif dan pembentukan grouping antara peserta didik perempuan dan laki-laki. Sehingga, kata dia, akan terjadi komunikasi yang heterogen. 

Sementara itu, pemateri Seminar Nasional Hasil AKMI lainnya, Muslim dari Universitas Pendidikan Indonesia mengatakan, “Capaian skor PISA (Programme for International Student Assessment ) bahwa literasi sains siswa Indonesia rendah, ini menjadi tantangan serius dalam hal literasi sains di kalangan peserta didik madrasah.” 

Menurutnya, kemampuan literasi sains yang merupakan salah satu kemampuan berliterasi yang harus dikuasai peserta didik sebagai tujuan pendidikan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik madrasah.

“Dalam upaya peningkatan merujuk capaian skor PISA, peserta didik harus melakukan pembiasanaan pengerjaan soal-soal deng format soal-soal PISA,” kata Muslim. 

Sebelumnya, pada pembukaan Seminar Diseminasi Hasil AKMI 2023, Senin (4/12/2023), Plt. Direktur KSKK Madrasah, Sidik Sisdiyanto menjelaskan bahwa AKMI merupakan asesmen diagnostik untuk menghasilkan informasi akurat yang dapat menjadi fondasi untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang berdampak pada perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

“Tujuan AKMI adalah untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik dengan memetakan level kemahiran peserta didik dalam 4 kompetensi literasi yang mencakup literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya,” katanya.

“AKMI dirancang untuk memetakan kemampuan literasi dan tidak dimaksudkan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran tertentu. Hasil pemetaan tersebut dapat dikembangkan melalui berbagai mata pelajaran,” kata Sidik. 

Perbaikan proses belajar akan berdampak secara positif pada capaian kompetensi peserta didik dalam belajar. Karena itu, data hasil AKMI akan bermakna apabila digunakan secara benar, konkret dan operasional dalam perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran.

Acara Seminar Hasil AKMI 2023 tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Turut hadir dalam acara pembukaan Seminar Nasional AKMI 2023 Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Rohmat Mulyana Sapdi, Plt. Direktur KSKK Madrasah, Sidik Sisdiyanto, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi, Abdul Basit, Ketua Project Management Unit Realizing (PMU) REP-MEQR Abdul Rouf dan 508 peserta seminar Nasional Diseminasi Hasil AKMI 2023.

Nasional Terkini