Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Polisi Tangkap 3 Pelaku Pembuat Uang Palsu Senilai Rp22 Miliar, Berikut Kronologinya

Polisi Tangkap 3 Pelaku Pembuat Uang Palsu Senilai Rp22 Miliar, Berikut Kronologinya

JAKARTA, (ERAKINI) - Polisi mengamankan tiga orang pembuata dan pengedar uang palsu senilai Rp22 miliar di Kawasan Srengseng Raya, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (20/6/2024). 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary mengatakan, awalnya polisi bergerak karena adanya laporan dari masyarakat. Para pelaku, kata dia, ditangkap pada 15 Juni 2024 pukul 23.30 WIB. 

“Rekan-rekan Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya, 15 Juni 2024 berhasil ditangkap atau diamankan tiga tersangka yang disangkakan mengedarkan, membuat, dan menguasai uang palsu,” ujarnya

Pada penangkapan tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa Rp22 miliar uang palsu yang siap edar pecahan Rp100 ribu.

Selain itu, ada pula sejumlah alat sebagai barang bukti, diantaranya satu mesin penghitung, satu mesin pemotong uang dan satu mesin GTO atau mesin percetakan, kemudian beberapa tinta percetakan warna warni.

Saat ini pihaknya masih mendalami peredaran uang palsu tersebut apakah bakal disebarkan ke Jakarta atau di luar daerah. 

"Ini masih dilakukan pendalaman. Yang jelas dari para tersangka diamankan barang bukti yang tadi ya uang Rp22 miliar, uang palsu pecahan Rp100 ribu," katanya.

Ia pun mengaku bersyukur karena uang tersebut belum sempat beredar di masyarakat. Rencananya, kata Ade, akan disebar untuk hari raya Idul Adha.. 

Para tersangka, adalah M, pekerja swasta asal Cirebon. Kedua, YA, buruh harian lepas asal Sukabumi. Ketiga adalah FF, pekerja swasta asal Surabaya. Ketiganya ditangkap di sebuah kantor akuntan publik, Srengseng, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Adapun para tersangka pembuat uang palsu senilai Rp22 miliar tersebut, ujar Ade, dijerat pasal 244 dan 245 KUHP dengan ancaman pidana maksimal di atas atau maksimal 12 tahun penjara. Ade menuturkan bahwa penyidik masih mendalami kasus ini dalam proses penyidikan.


Editor:

Nasional Terkini