Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Pengacara Razman Nasution Bakal Laporkan Hakim Eman Sulaeman ke KY dan MA

Pengacara Razman Nasution Bakal Laporkan Hakim Eman Sulaeman ke KY dan MA

JAKARTA, (ERAKINI) - Praktisi hukum atau pengacara, Razman Nasution akan melaporkan hakim tunggal Eman Sulaeman ke Komisi Yudisial (KY) dan Pengawas Mahkamah Agung (MA). Razman menilai, Eman Sulaeman tidak paham hukum bahkan cenderung melampaui kewenangannya. 

"Kami akan laporkan karena melampaui kewenangan, dan melakukan putusan yang ultra petita, tidak sesuai dengan apa yang seharusnya," kata dia saat mengisi sebuah acara di TV swasta seperti dikutip, Rabu (10/7/2024).

Razman menuturkan, Hakim Eman harusnya komprehensif dan berdasarkan pada logika. Bukan malah menimbulkan problem berkepanjangan dan tidak menyelesaikan masalah.

"Ada 9 putusan yang dibacakan oleh hakim Eman, pada poin kelima menyatakan tidak sah segala bentuk keputusan atau penetapan lebih lanjut dan termohon berkenaan dengan tersangka atas pemohon dan termohon," pungkasnya. 

Sebelumnya, Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat, mengabulkan permohonan Pegi Setiawan terkait gugatan penetapan status tersangka dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon. Putusan itu dibacakan oleh Hakim Tunggal Eman Sulaeman dalam sidang putusan praperadilan Pegi Setiawan di Pengadilan Negeri Bandung, Senin (8/7/2024).

Dalam kesempatan itu, hakim Eman menyatakan tidak sepakat bila penetapan dan penahanan Pegi Setiawan sebagai tersangka hanya didasari dua bukti permulaan saja. 

Menurut Hakim Eman, seharusnya sebelum penetapan sebagai tersangka pihak termohon atau kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap Pegi Setiawan.


Editor:

Nasional Terkini