Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Menteri Yaqut Minta Arab Saudi Cari Solusi Kepadatan di Tenda Mina

Menteri Yaqut Minta Arab Saudi Cari Solusi Kepadatan di Tenda Mina

MAKKAH, (ERAKINI) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap Kementerian Haji Arab Saudi segera memiliki solusi mengenai kepadatan di Mina untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun mendatang. 

"Dalam kesempatan bertemu Menteri Haji Arab Saudi Tawfiq bin Fauzan Al-Rabiah, selalu sampaikan apakah tak mungkin kepadatan Mina ini ada solusinya," ujar Yaqut di Makkah, Kamis (20/6/2024).

Yaqut mengatakan luasan Mina memang sangat terbatas dan tidak mungkin untuk diperbesar. Sementara jemaah haji jumlahnya terus bertambah. Apalagi seluruh peserta haji tiba di Mina usai Mabit di Muzdalifah. 

Jumlah jemaah yang besar yang tak bisa diimbangi dengan daya tampung di Mina membuat jamaah harus berdesak-desakan dalam tenda. Hal ini membuat jemaah Indonesia ada yang harus rela berdiam diri di lorong tenda. 

Kondisi ini menjadi sorotan dari tim pengawas haji DPR. Namun, pengelolaan tenda di tiap maktab adalah kewenangan otoritas Saudi lewat Mashariq. 

"Mungkinkah solusinya agar bisa menampung jemaah lebih banyak seperti double deck. Memperluas Mina tak mungkin. Kalau space tetap tapi jamaah terus bertambah, pasti akan terjadi kepadatan itu," kata Yaqut. 

Menurut Yaqut, masalah kepadatan di Mina bukan hanya terjadi bagi jamaah Indonesia saja. Jemaah lain dari seluruh dunia mengalami hal yang sama, utamanya jemaah yang memiliki kuota yang banyak. 

Ia yakin Menteri Haji Saudi telah memiliki solusi, namun masih didalami agar sesuai dengan ketentuan. 

"Harapannya ada solusi di Mina. Kondisi Mina selalu disampaikan kepada jemaah. (Jika) membangun Mina bertingkat, ada efek keamanan jika dibuat bertingkat, ada efek keselamatan, jadi pertimbangan utama," kata dia.


Editor:

Nasional Terkini