Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Laga Klasik Portugal vs Prancis 8 Besar Euro 2024, Menanti Gol Perdana Ronaldo dan Mbappe

Laga Klasik Portugal vs Prancis 8 Besar Euro 2024, Menanti Gol Perdana Ronaldo dan Mbappe

JAKARTA, (ERAKKINI) - Laga klasik Portugal vs Prancis pada babak perempatfinal Piala Eropa 2024 akan menjadi ajang pembuktian Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe. Big match ini akan berlangsung Sabtu (6/7/2024) dini hari pukul 02.00 WIB.

Baik Portugal maupun Prancis, sejauh ini belum berada dalam performa terbaik mereka di Euro 2024. Demikian juga Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe. Meskipun keduanya beda generasi, tapi banyak penggemar yang masih menanti ketajaman mereka. Di luar penalti, sejauh ini kedua pemain belum mencetak gol di Euro 2024.

Memang, ada banyak pemain bintang akan turun ke lapangan. Tapi jelas sorotan tajam tertuju pada Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe. Bahkan, bek Portugal Nuno Mendes mengatakan semua penggawa Slecao akan membantu sang mega bintang mereka Cristiano Ronaldo menemukan golnya pertamanya di Euro 2024 Jerman.

"Itu sulit baginya (Ronaldo) dan kami semua di sini untuk membantu. Kami harus membantu, semua pemain di lapangan, dia berada dalam momen yang kurang bagus dan tim merasakannya," kata Mendes di laman resmi timnas Portugal.

Mandes juga sangat mewaspadai Mbappe. Sebab pemain anyar Real Madrid itu bisa membuat perbedaan kapan saja.

"Ronaldo dan Mbappe adalah pemain level atas, dua pemain luar biasa yang bisa membuat perbedaan kapan saja. Saya berbagi ruang ganti dengan mereka berdua. Mereka adalah dua pemain luar biasa yang bisa membuat perbedaan dari satu momen ke momen berikutnya," tutup Mendes.

Laga babak 8 besar ini akan menjadi kesempatan kedua tim maupun kedua pemain untuk benar-benar membuktikan kelasnya. Laga ini bukan sekadar memperebutkan tiket lolos ke semifinal, tepi mempertaruhkan klaim mereka sebagai pesaing sejati.

Kedua negara sudah bentrok dalam berbagai turnamen besar. Cristiano Ronaldo mungkin masih mengingat bagaimana Prancis mengalahkan Portugal 1-0 di semifinal Piala Dunia FIFA 2006.

Saat itu Ronaldo masih berusia 21 tahun. Sementara Pemain Terbaik Pertandingan itu adalah Lilian Thuram, ayah dari penyerang Prancis saat ini, Marcus.

Tapi, Prancis juga tidak akan lupa pada pertemuan mereka tahun 2016. Prancis yang menjadi tuan rumah kalah menyakitkan dari Portugal di final Euro 2016. Itu merupakan trofi pertama Portugal di Piala Eropa.

Kini, pelatih Didier Deschamps berharap sang bintang Kylian Mbappe mampu keluar dari tekanan. Terlebih setelah mengalami cedera patah tulang hidung di laga pembuka, sehingga membuat Mbappe harus mengenakan masker untuk melindungi hidungnya.

"Dia mulai terbiasa (pakai masker). Tapi itu bisa mempengaruhi penglihatannya," kata Deschamps dilansir uefa.com. Tapi Deschamps mengaku kunci permainan ada pada kerja sama tim, bukan pada satu pemain.

"Kami punya kualitas dan bakat, tapi ada banyak tim yang memilikinya. Di level tertinggi, ada keharusan untuk solid dan bekerja keras bersama. Semua orang mengalami kemajuan, dan ada persamaan antara semua pertandingan ini," katanya.

Pelatih Pertugal Roberto Martínez mengakui tidak mudah menghadapi tim sekelas Prancis. Namun ia melihat ada celah untuk memenangkan pertandingan.

"Mereka sangat kuat tetapi mungkin akan meninggalkan ruang di lini belakang. Mereka bisa menimbulkan masalah, tapi mudah-mudahan kami bisa menciptakan lebih banyak peluang," tukasnya.

Prediksi Line Up:
Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Nuno Mendes; Palhinha, Vitinha, Bruno Fernandes; Rafael Leao, Ronaldo, Bernardo Silva.

Perancis (4-3-3): Maignan; Kounde, Saliba, Upamecano, Hernnndez; Kante, Tchouameni, Griezmann; Dembele, Thuram, Mbappe.


Editor:

Sport Terkini