Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Cetak 7 Gol, Jerman Tim Pertama Melaju ke Babak 16 Besar Piala Eropa 2024

Cetak 7 Gol, Jerman Tim Pertama Melaju ke Babak 16 Besar Piala Eropa 2024

JAKARTA, (ERAKIN) - Jerman menjadi tim pertama yang memastikan melaju ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 setelah menggasak Hungaria dalam pertandingan matchday kedua Grup A, Kamis (20/6/2024) dini hari WIB. Pertandingan yang berlangsung di Mercedes-Benz Arena, Berlin, itu berakhir dengan skor 2-0.

Gol pembuka untuk Jerman tercipta pada menit ke-22 melalui aksi Jamal Musiala yang memanfaatkan umpan dari Ilkay Gundogan. Meskipun sempat diprotes oleh pemain Hungaria karena dianggap pelanggaran terhadap Willi Orban sebelum gol tercipta, VAR memastikan bahwa gol tersebut sah.

Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama meskipun Hungaria mencoba untuk menyamakan kedudukan melalui usaha-usaha dari Dominik Szoboszlai dan percobaan dari tendangan bebas.

Di babak kedua, Jerman semakin menguasai jalannya pertandingan dan berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-67. Gol ini dicetak oleh Ilkay Gundogan setelah menerima umpan silang dari Maximilian Mittelstadt.

Kemenangan ini membuat Jerman mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan dan memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Namun, mereka masih harus memainkan laga terakhir grup melawan Swiss untuk memperebutkan posisi juara grup.

Sementara itu, Hungaria yang belum meraih kemenangan harus memenangkan pertandingan terakhir mereka melawan Skotlandia untuk berharap lolos sebagai salah satu dari peringkat tiga terbaik.

Dengan kemenangan ini Jerman hanya kalah satu kali dari 12 pertandingan penyisihan grup Piala Eropa terakhirnya. Tim asuhan Nagelsmann juga mencatatkan clean sheet untuk pertama kalinya dalam delapan pertandingan Piala Eropa.

Dengan total tujuh gol yang dicetak di babak penyisihan Grup A sejauh ini, Jerman telah melampaui catatan tertinggi mereka di grup dengan enam gol pada Piala Eropa 2020.

Bagi Manuel Neuer, ini merupakan penampilan ke-17 di Piala Eropa dan akan menyamai rekor Bastian Schweinsteiger yang mencatatkan rekor 18 penampilan sepanjang masa Jerman jika ia bermain melawan Swiss.

Susunan pemain
Jerman: Neuer; Kimmich, Rudiger, Tah, Mittelstadt; Andrich (Can 72), Kroos; Musiala (Führich 72), Gundoğan (Undav 84), Wirtz (Sane 58); Havertz (Fullkrug 58).

Hongaria: Gulecsi; Fiola, Orban, Dardai; Bolla (Adam 75), Adam Nagy (Kleinheisler 64), Schafer, Kerkez (Nagy 75); Sallai (Csoboth 87), Szoboszlai, Varga (Gazdag 87).

 


Editor:

Sport Terkini