Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Semifinal Piala Eropa 2024 Belanda vs Inggris, Koeman Yakin Singkirkan Three Lions

Semifinal Piala Eropa 2024 Belanda vs Inggris, Koeman Yakin Singkirkan Three Lions

JAKARTA, (ERAKINI) - Semifinal Piala Eropa 2024 antara Belanda vs Inggris akan berlangsung Kamis (11/7/2024) dini hari pukul 02.00 WIB. Laga ini diprediksi akan menjadi duel ketat dengan dua tim yang memiliki kualitas dan pengalaman.

Laga ini merupakan kedua kalinya dalam lima tahun terakhir Belanda dan Inggris bertemu di semifinal.  Kedua tim terakhir bertemu di semifinal Nations League pada tahun 2019, di mana Belanda keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1 setelah perpanjangan waktu.

"Ini akan menjadi malam yang luar biasa pada hari Rabu antara dua negara besar, malam bersejarah," kata pelatih Belanda, Ronald Koeman, dalam konferensi pers, dikutip dari laman uefa.com.

Koeman, yang berhasil membawa timnya mencapai semifinal Euro untuk pertama kalinya sejak 2004 setelah mengalahkan Turki, optimistis bisa membawa De Oranje ke partai puncak melawan Spanyol yang sudah terlebih dulu lolos. Meskipun waktu persiapan yang mereka miliki lebih sedikit dibanding Inggris.

"Kami memiliki hari yang lebih sedikit untuk mempersiapkan pertandingan, namun kami tidak memiliki waktu tambahan seperti yang dimiliki Inggris (hingga adu penalti melawan Swiss)," tukasnya.

"Kami sangat mengenal satu sama lain (Belanda dan Inggris), dan telah bermain beberapa kali melawan satu sama lain. Kami melakukannya lima tahun lalu di semifinal Nations League, semoga saja kami bisa melakukannya dan mendapatkan hasil yang sama," lanjutnya.

Di sisi lain, Inggris, yang berhasil mencapai semifinal untuk edisi kedua berturut-turut, juga dalam semangat tinggi setelah mengatasi adu penalti melawan Swiss di perempat final.

"Jika kami terus menunjukkan semangat dan kebersamaan, saya yakin kami bisa mencapai akhir dan memenangkan semuanya," kata bek Ezri Konsa.

Sang pelatih, Gareth Southgate juga mengungkapkan keyakinannya untuk membawa timnya kembali ke final Euro  untuk kedua kalinya secara beruntun.

Southgate juga ingin mengakhiri penantian 58 tahun Inggris untuk memenangkan trofi besar itu. Meskipun mendapat kritik atas penampilan The Three Lions selama Euro 2024, Southgate menegaskan bahwa timnya telah mampu mengatasi tekanan besar yang mereka hadapi.

"Salah satu kekuatan kami selama delapan tahun terakhir adalah berkurangnya rasa takut, berkurangnya hambatan, namun pada awalnya ekspektasi sangat membebani," kata Southgate, mengomentari perjalanan timnya dalam turnamen ini.

Dalam persiapan menjelang laga semifinal, kapten tim Harry Kane juga menyatakan keyakinannya bahwa pengalaman kolektif tim dalam pertandingan besar di level klub dan internasional akan menjadi keuntungan besar.

"Kami memiliki banyak pemain yang telah menghadapi tekanan serupa di berbagai panggung. Kami akan menggunakan pengalaman itu untuk mengendalikan momen-momen krusial dalam pertandingan besok malam," ujar Kane.

Kedua tim diperkirakan akan menampilkan formasi terbaik mereka untuk pertandingan yang akan berlangsung di Signal Iduna Park. Berikut kemungkinan line upa yang akan diturunkan kedua tim:

Belanda: Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake; Schouten, Simons, Reijnders; Malen, Depay, Gakpo

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Guehi; Saka, Mainoo, Nasi, Shaw; Bellingham, Foden; Kane

 


Editor:

Sport Terkini