Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Didit Hediprasetyo Ungkap Alasan Mau Desain Jersey Tim Indonesia untuk Olimpiade 2024

Didit Hediprasetyo Ungkap Alasan Mau Desain Jersey Tim Indonesia untuk Olimpiade 2024

JAKARTA, (ERAKINI) - Putra semata wayang presiden terpilih Prabowo Subianto, Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo atau Didit Hediprasetyo mengungkap alasan mau mendesain Jersey Tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. Ia mengaku mendapat panggilan jiwa untuk berkontribusi dalam event olahraga tanah air. 

"Jadi saya terima tawaran ini karena sebetulnya ini satu-satunya cara saya bisa berkontribusi dan berdedikasi untuk bangsa yang mencintai ini," ujar Didit saat konferensi pers di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan Jumat (5/7/2024).

Didit merancang seragam kontingen Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024, mulai dari kostum saat bertanding sampai seragam dan atribut resmi yang akan digunakan para atlet, ofisial Komite Olahraga Indonesia (KOI), tim CdM saat pengukuhan, pelepasan kontingen, keberangkatan, kepulangan, serta acara-acara resmi terkait Olimpiade Paris 2024. 

Didit mengungkapkan bahwa inspirasi desain muncul dari lagu nasional "Berkibarlah Benderaku". Putra Prabowo Subianto dan Titiek Soeharto ini pun meminta seseorang untuk memainkan lagu ciptaan Ibu Sud pada 1947 ini dengan biola. Menurutnya, gelombang musik terdengar syahdu dan menggetarkan.

"Jadi waktu itu saya cari kreasi koleksi gitu dan waktu itu sempat research. Akhirnya nemuin dengerin lagu 'Berkibarlah Benderaku,” tuturnya. 

Didit adalah anak semata wayang presiden terpilih Indonesia 2024-2029, Prabowo yang lahir di Jakarta pada 22 Maret 1984 silam. Didit sempat bergabung dengan teater Shakespeare di Harvard Extension School.

Berkat minat dan cintanya terhadap dunia fesyen, Didit menempuh pendidikan di Parsons School of Design di Paris dan New York. Pada 2006, Didit mulai dikenal sejak meraih penghargaan Silver Thimble Award.

Pada Januari 2010 silam, Didit menampilkan karya perdananya, Spring/Summer 2010 Couture di Hotel Crillon.

Mengutip dari unggahan akun Instagram resmi Tim Indonesia (@timindonesiaofficial), Jersey Tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 menggunakan warna merah dan putih alias bendera Indonesia dalam setiap aksennya itu terdiri atas T-shirt, short pants, track pants, dan jersey playing kit.

Kemudian, setiap item-nya menyesuaikan cabang olahraga yang membutuhkan busana berbeda, semisal rowing, gymnastic, atletik, atau bulu tangkis. 

"Selain itu, terdapat juga beberapa set seragam yang dipakai oleh atlet dan kontingen saat keberangkatan dan kepulangan, ajang resmi lain, dan penerimaan medali," tulis akun Instagram itu. 

Secara rinci, seragam resmi Tim Indonesia yang berlaga dalam Olimpiade Paris 2024 terdiri atas dua warna, yakni merah-putih dan hitam dengan garis merah-putih sebagai aksen.

Sementara pada jersey utama, yaitu merah-putih memiliki motif yang unik, yakni salah satu warna turun vertikal di bagian kanan baju dengan garis melengkung yang tidak simetris. Meski tidak simetris, tampilan jersey tampak elegan dan seamless.


Editor:

Sport Terkini