Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Jadwal Final Piala Eropa 2024 Spanyol vs Inggris dan Tempat Pertandingan

Jadwal Final Piala Eropa 2024 Spanyol vs Inggris dan Tempat Pertandingan

JAKARTA, (ERAKINI) - Stadion Olimpiade Berlin, Jerman, akan menjadi tuan rumah final Piala Eropa 2024. Laga final Spanyol vs Inggris akan berlangsung Minggu pukul 21.00 CET atau Senin (15/7/2024) dini hari pukul 02.00 WIB .

Stadion Olimpiade Berlin merupakan stadion terbesar di Jerman dengan kapasitas 71.000 orang. Tim lapis kedua Jerman, Hertha BSC Berlin, memainkan pertandingan kandang mereka di stadion ini, yang juga menjadi tuan rumah setiap final Piala Jerman sejak 1985 serta beberapa pertandingan penting Eropa dan internasional. Termasuk final Piala Dunia FIFA 2006 antara Italia dan Prancis, dan final Liga Champions UEFA 2015 saat Barcelona  mengalahkan Juventus.

Hanya, ini baru pertama kalinya Stadion Olimpiade Berlin menggelar final Euro. Jerman Barat menjadi tuan rumah kejuaraan Eropa UEFA 1988 tetapi finalnya diadakan di Munich, saat Belanda mengalahkan Uni Soviet 2-0.

Spanyol berhasil mencapai final menyusul kemenangan 2-1 di semifinal melawan Prancis di Munich. Juara pada tahun 1964, 2008, dan 2012,  bisa menjadi negara pertama yang memenangkan empat gelar Piala Eropa.

La Roja sedang dalam performa terbaiknya di Jerman, diman memenangkan seluruh enam pertandingan, mencetak 13 gol dan hanya kebobolan tiga kali.

Pemain sayap Lamine Yamal membuat sejarah dengan menjadi pemain termuda yang pernah tampil di Piala Eropa saat melawan Kroasia, kemudian memberikan assist saat Spanyol mengalahkan tuan rumah melalui perpanjangan waktu di perempat final.

Lamine kemudian mencetak gol luar biasa di semifinal untuk mengantarkan Spanyol ke partai puncak sekaligus mencatatkan Namanya sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Euro. Jadi, bocah 16 tahun ini wajib diwaspadai di laga final.

Sementara itu, Inggris melaju ke final setelah mengalahkan Belanda 2-1 secara dramatis. Tim asuhan Gareth Southgate mengincar gelar Euro pertama mereka setelah hanya menjadi runner-up pada 2020. Kala itu Inggris kalah dari Italia melalui adu penalti di Stadion Wembley.

Inggris tidak dalam performa terbaiknya di Grup C tetapi masih menduduki puncak klasemen dan tetap tak terkalahkan sejauh ini. Three Lions tinggal satu kemenangan lagi untuk meraih trofi pertama Euro.


Editor:

Sport Terkini