Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Comeback Dramatis Atas Turki, Belanda Melaju ke Semifinal Piala Eropa 2024 Hadapi Inggris

Comeback Dramatis Atas Turki, Belanda Melaju ke Semifinal Piala Eropa 2024 Hadapi Inggris

BERLIN, (ERAKINI) - Belanda mampu bangkit dari ketertinggalan untuk mencapai semifinal Piala Eropa 2024.  Pasukan Ronald Koeman menang dramatis 2-1 atas Turki pada perempat final Euro.2024 di Stadion Olimpiade Berlin, Jerman, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB.

Gol penyeimbang Stefan de Vrij dan gol bunuh diri Mert Muldur mengubah skor kekalahan menjadi kemenangan bagi Belanda. Berdasarkan catatan UEFA, hasil ini membawa Belanda mencapai semifinal keenam dalam sejarah Piala Eropa dan dan pertama sejak 2004.

"Bagi seluruh negara, ini adalah sesuatu yang istimewa. Kami adalah negara kecil dan kami berada di semifinal bersama Inggris, Prancis, Spanyol, dan (kami) sangat bangga," ujar Koeman mengomentari hasil pertandingan dikutip dari uefa.com.

"Kami harus tertekan malam ini, tetapi tidak ada pertandingan yang mudah. ​​Mereka (Turki) mengerahkan segalanya. Itu adalah pertandingan yang emosional dan kami menunjukkan semangat yang sebenarnya," sambungnya.

Pelatih Tukri Vincenzo Montella mengatakan skuadnya telah menunjukkan semua yang mereka miliki. Timnya juga menjalani turnamen dengan sangat bagus.

"Kami memiliki banyak pemain muda, mereka tampil dengan semangat yang luar biasa dan saya bangga dengan mereka. Para pemain ini pantas mendapatkan cinta yang mereka terima. Setelah turnamen ini, Turki akan terlihat lebih dihormati di masa depan," katanya.

Jalannya Pertandingan
Turki sempat membuat kejutan pada babak pertama ketika Samet Akaydin berhasil membawa mereka unggul pada menit ke-35 dengan sundulan memanfaatkan umpan silang dari Arda Guler.

Belanda berjuang keras untuk mencari gol balasan sebelum turun minum, tetapi pertahanan rapat Turki membuat mereka kesulitan menciptakan peluang berbahaya.

Pada babak kedua, Belanda langsung mengambil inisiatif untuk mengubah keadaan. Pelatih Ronald Koeman melakukan pergantian yang cerdas dengan memasukkan Wout Weghorst untuk memperkuat lini depan bersama Memphis Depay. Perubahan ini membawa dampak positif saat Belanda mampu menekan lebih agresif.

Stefan de Vrij menjadi pahlawan Belanda pada menit ke-70 ketika ia berhasil menyamakan kedudukan dengan sundulan bebas yang tak terbendung ke gawang Turki setelah menerima umpan dari Depay.

Momentum berada di pihak Belanda, dan hanya enam menit kemudian, mereka berhasil berbalik unggul lewat gol bunuh diri Mert Muldur yang tidak bisa menghindari umpan datar Cody Gakpo.

Turki tidak menyerah begitu saja dan berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Mereka hampir saja berhasil jika bukan karena penyelamatan penting Micky van de Ven dan Bart Verbruggen yang mampu menggagalkan beberapa peluang berbahaya Turki di menit-menit akhir.

Kemenangan 2-1 ini memastikan Belanda melaju ke semifinal Euro 2024 untuk menghadapi Inggris. Pertandingan semifinal dijadwalkan berlangsung pada Kamis pukul 02.00 WIB di Signal Iduna Park, Dortmund.


Editor:

Sport Terkini