Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Lumat Prancis 2-1, Spanyol Capai Final ke 5 Piala Eropa

Lumat Prancis 2-1, Spanyol Capai Final ke 5 Piala Eropa

MUENCHEN, (ERAKINI) - Spanyol bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Prancis dan memastikan tempat di final Piala Eropa 2024. La Furia Roja menang 2-1 dalam semifinal Euro 2024 di Allianz Arena, Muenchen, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Dua gol Spanyol dicetak oleh Lamine Yamal pada menit ke 21 dan Dani Olomo 4 menit kemudian. Sedangkan gol Prancis dicetak Randal Kolo Muani pada menit ke 8.

Dengan hasil ini, Spanyol sukses melaju ke babak final untuk kelima kalinya dari enam semifinal Piala Eropa mereka. Empat final sebelumnya, yakni 1960 (juara), 1984 (runner up), 2008 (juara), 2012 (juara). Satu-satunya kegagalan Spanyol ke partai puncak adalah kekalahan adu penalti melawan Italia di Euro 2020.
   
Spanyol juga menjadi tim pertama yang memenangi enam pertandingan berturut-turut di putaran final Piala Eropa tanpa memerlukan adu penalti.

Spanyol juga selalu memenangkan delapan pertandingan terakhirnya di semua kompetisi, mencatat rekor kemenangan beruntun terbaik mereka sejak Juni 2010 di bawah asuhan Vicente del Bosque (12).

Sementara bagi Prancis, ini merupakan kali pertama mereka tersingkir di semifinal turnamen besar sejak Euro 1996. Tidak termasuk adu penalti, Prancis telah kalah dua kali dari 17 pertandingan Euro terakhir mereka.

"Saya senang kami bisa lolos ke final. Namun kami masih belum melakukan hal terpenting, yaitu memenangkan ini (juara)," ujar Lamine Yamal, Pemain Terbaik di pertandingan ini.

"Kami hanya perlu mengambil satu langkah lagi sekarang. Sungguh luar biasa. Kami pantas berada di final," tambah Dani Olmo, gelandang Spanyol pencetak gol kedua bagi timnya.

Jalannya Pertandingan

Kolo Muani membawa Prancis unggul lebih dulu pada menit ke-8 setelah menyundul umpan silang dari Kylian Mbappe. Namun, Spanyol segera menyamakan kedudukan pada menit ke-21 melalui gol spektakuler Lamine Yamal, yang membuatnya menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Euro dan Piala Dunia.

Dani Olmo membalikkan keadaan untuk Spanyol pada menit ke-25 dengan tendangan mendatar di dalam kotak penalti, meskipun awalnya gol itu diperdebatkan sebagai gol bunuh diri. Skor 2-1 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga babak pertama berakhir.

Prancis berusaha keras untuk menyamakan kedudukan setelah jeda, tetapi mereka kesulitan menembus pertahanan Spanyol yang rapat.

Meskipun beberapa peluang diciptakan, seperti tendangan Aurelien Tchouameni dan Theo Hernandez, Prancis gagal memanfaatkan kesempatan tersebut.

Pertandingan pun berakhir dengan skor tetap 2-1 untuk keunggulan Spanyol dan memastikan tempat di partai puncak untuk menghadapi pemenang antara Inggris dan Belanda.


Editor:

Sport Terkini