Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Laga Krusial Indonesia vs Filipina, Shin Tae-yong: Tidak Ada Tempat Lagi untuk Mundur

Laga Krusial Indonesia vs Filipina, Shin Tae-yong: Tidak Ada Tempat Lagi untuk Mundur

JAKARTA, (ERAKINI) - Timnas Indonesia bakal habis-habisan dalam pertandingan krusial melawan Filipina pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) sore nanti, Garuda wajib menang untuk mendapatkan tiket lolos ke putaran ketiga.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan bahwa timnya siap untuk memberikan yang terbaik dan tidak akan mundur sedikit pun. Shin Tae-yong bertekad untuk meraih kemenangan.

Pasca kekalahan dari Irak dalam pertandingan sebelumnya, Shin Tae-yong menilai bahwa tidak ada ruang untuk mundur lagi. Poin Indonesia saat ini hanya berbeda tipis dengan Vietnam di Grup F.

Dengan posisi Skuad Garuda yang menduduki peringkat kedua klasemen grup dengan raihan tujuh poin, Shin menyatakan bahwa tidak ada opsi untuk menyerah.

“Seperti yang kita tahu, tidak ada tempat lagi untuk kita mundur, tidak boleh juga kita mundur dari sini,” ujar Shin Tae-yong.

Shin juga mengingatkan para pemainnya untuk tidak meremehkan lawan. Meskipun Filipina telah gagal lolos, Shin Tae-yong yakin bahwa mereka akan berjuang keras dalam pertandingan. Dia menegaskan bahwa Timnas Indonesia juga akan bekerja keras untuk memberikan kemenangan kepada para fans sepak bola Indonesia.

Mengenai komposisi pemain, Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa tidak akan ada perubahan signifikan dari pertemuan sebelumnya dengan Irak. Dia juga meminta dukungan terus-menerus dari suporter kepada timnya.

"Kondisi para pemain di lapangan, mereka bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Pastinya kita akan bisa lolos ke ronde ketiga, jadi mohon kepercayaan dari masyarakat Indonesia untuk Timnas kita," tambahnya.

Pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, juga menyampaikan janji kepada suporter untuk berusaha memberikan kebahagiaan kepada mereka. Dia menegaskan bahwa tim akan berusaha sekuat tenaga untuk mencetak gol dan meraih kemenangan.

Secara head to head, rekor Indonesia masih lebih baik. Dari 25 pertandingan di berbagai ajang, Indonesia mampu mengamankan 20 kemenangan dan empat berakhir imbang. Satu-satunya kemenangan Filipina terjadi pada Piala AFF 2014. Kala itu Kurnia Meiga dkk takluk dengan skor telak 0-4.

Sementara itu, pada 10 pertemuan terakhir kedua negara, Indonesia tetap lebih baik dengan lima kemenangan, empat laga berakhir imbang, dan menelan satu kekalahan.
 
Meskipun begitu, Indonesia tetap harus mewaspadai Filipina karena pada pertemuan terakhir di Manila, November tahun lalu, laga berakhir dengan skor imbang 1-1.
 
Berikut 10 pertemuan terakhir Indonesia vs Filipina dalam berbagai ajang:

    (23/11/2002) Indonesia 13 - 1 Filipina (Piala AFF)
    (16/11/2010) Indonesia 1 - 0 Filipina (Piala AFF)
    (19/12/2010) Indonesia 1 - 0 Filipina (Piala AFF)
    (05/06/2012) Filipina 2 - 2 Indonesia (Laga Persahabatan)
    (14/08/2013) Indonesia 2 - 0 Filipina (Laga Persahabatan)
    (25/11/2014) Filipina 4 - 0 Indonesia (Piala AFF)
    (22/11/2016) Indonesia 2 - 2 Filipina (Piala AFF)
    (25/11/2018) Indonesia 0 - 0 Filipina (Piala AFF)
    (02/01/2023) Filipina 1 - 2 Indonesia (Piala AFF)
    (21/11/2023) Filipina 1 - 1 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 2026).

 


Editor:

Sport Terkini