Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Gol Bunuh Diri Italia Hantar Spanyol ke Babak 16 Besar Piala Eropa 2024

Gol Bunuh Diri Italia Hantar Spanyol ke Babak 16 Besar Piala Eropa 2024

JAKARTA, (ERAKINI)- Spanyol dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 setelah mengalahkan Italia dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Jumat (21/6/2024) dini hari WIB.

Gol bunuh diri Riccardo Calafiori menjadi satu-satunya gol yang tercipta dalam laga ini. Riccardo Calafiori menjadi orang Italia kedua yang mencetak gol bunuh diri di Piala Eropa atau Piala Dunia dan yang pertama sejak Cristian Zaccardo melawan Amerika Serikat di Piala Dunia 2006.

Spanyol tampil dominan sejak awal pertandingan dan mengendalikan permainan dengan penguasaan bola mencapai 57 persen. Peluang pertama mereka datang pada menit ke-2 ketika Nico Williams melepaskan umpan silang yang disambut sundulan Pedri, namun masih bisa diamankan oleh kiper Italia, Gianluigi Donnarumma.

Meski demikian, perlawanan Italia cukup sengit dengan berbagai upaya dari jarak jauh untuk memecah pertahanan Spanyol. Namun, tidak ada yang mampu menembus gawang Unai Simon hingga turun minum dengan skor kacamata.

Memasuki babak kedua, Spanyol semakin menekan Italia dan akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-54. Gol bunuh diri Riccardo Calafiori setelah bola sundulan dari Alvaro Morata mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan La Roja.

Meski Italia mencoba keras untuk menyamakan kedudukan, serangan-serangan mereka seringkali terhenti di barisan pertahanan Spanyol yang solid. Upaya terakhir Italia melalui tembakan Di Marco pada menit ke-81 masih bisa diblok dan tidak mengubah skor.

Dengan kemenangan ini, Spanyol kini duduk di puncak klasemen Grup B dengan enam poin dari dua pertandingan. Sementara Italia tetap berada di posisi kedua dengan tiga poin.

Spanyol sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar dan akan melawan Albania dalam pertandingan terakhir mereka. Sedangkan Italia akan menghadapi Kroasia dalam pertandingan penentuan.

 

 


Editor:

Sport Terkini