Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Preview Belanda vs Prancis Piala Eropa 2024, Ambisi De Oranje Pupus Rekor Mentereng Les Bleus

Preview Belanda vs Prancis Piala Eropa 2024, Ambisi De Oranje Pupus Rekor Mentereng Les Bleus

JAKARTA, (ERAKINI) Big match kedua Piala Eropa 2024 akan tersaji di Grup D antara Belanda vs Prancis, Sabtu (22/6/2024) dini hari. Laga yang berlangsung di Leipzig, Jerman, itu akan kick off pukul 02.00 WIB.

Belanda, juara edisi 1988, akan menghadapi pemenang 1984 dan 2000 Prancis. De Oranje belum pernah lolos ke babak perempat final Piala Eropa sejak tahun 2004. Namun pemain seperti Virgil van Dijk, Xavi Simons, dan Cody Gakpo, tentu berambisi melangkah lebih jauh pada Piala Eropa edisi kali ini.

Adapun Prancis, yang dikejutkan oleh Swiss melalui adu penalti di babak 16 besar Euro 2020, namun menjadi runner-up pada tahun 2016, berharap hasil yang lebih baik pada edisi kali ini.

Prancis datang ke laga big match Grup D ini dengan sejarah dan rekor mentereng. Les Bleus memenangkan tujuh dari delapan pertemuan terakhir kedua tim, termasuk dua pertemuan mereka di babak kualifikasi Piala Eropa 2024.

Cedera yang menimpa pasukan Ronald Koeman selama babak kualifikasi Eropa bisa jadi alasan. Tetapi Koeman juga menghadapi masalah serupa di Jerman. Gelandang Frenkie de Jong dan Teun Koopmeiners terpaksa ditarik dari skuad menjelang putaran final.

Namun, Belanda masih memetik hasil positif di laga awal  mengalahkan Polandia yang bermain tanpa Robert Lewandowski 2-1.

Belanda diperkuat pemain-pemain hebat di lini depan. Kekuatan ini harus benar-benar dimaksimalkan skuad   Ronald Koeman untuk membalaskan dendam kekalahan di babak kualifikasi.

"Jika Anda memenangkan pertandingan pertama, itu membawa ketenangan dan kepercayaan. Dan kami membutuhkan semua itu melawan tim Prancis yang sering kami lawan dalam beberapa tahun terakhir," ujar Ronald Koeman, dilansir uefa.com.

"Di pertandingan pertama ada banyak hal bagus dan ada juga beberapa momen di mana kami seharusnya tampil lebih baik. Kuncinya, pemain harus bermain dengan berani. Kami harus mengambil inisiatif (menyerang)," lanjutnya.

Sementara Prancis, juga belum menunjukkan kelasnya di laga pembuka. Kylian Mbappe dkk hanya mampu mengalahkan Austria dengan skor tipis 1-0 melalui gol bunuh diri Maximilian Wober.

Pelatih Didier Deschamps malah langsung dipusingkan dengan cedera patah tulang hidung Kylian Mbappe di laga itu. Walaupun kondisi Mbappe dinyatakan membaik, namun Deschamps kemungkinan tidak akan memasukkan sang bintang di line up.

Tetapi Deschamps masih bisa tersenyum, karena N'Golo Kante  cukup menonjol dalam pertandingan perdana. Pemain tengah itu mendapatkan pujian dan trofi Pemain Terbaik Pertandingan.

"Ketika kami mengalahkan Belanda di kualifikasi, mereka kehilangan lima atau enam pemain kunci. Ini bukan tim yang sama, dan itu dibuktikan dengan hasil yang mereka peroleh sejak saat itu. Mereka menjadi tim yang jauh lebih kuat daripada yang kami hadapi di babak kualifikasi," kata Deschamps.

Meski demikian, skuadnya punya ambisi memenangkan pertandingan ini dan lolos ke babak 16 besar.

Perkiraan Line Up:
Belanda (4-3-3): Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake; Reijnders, Schouten, Veerman; Simons, Depay, Gakpo.

Prancis (4-3-3): Maignan; Kounde, Saliba, Upamecano, Hernandez; Griezmann, Kante, Rabiot; Dembele, Giroud, Thuram.

 


Editor:

Sport Terkini