Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Preview Spanyol vs Prancis Semifinal Euro 2024: Pertarungan Sengit Anak Muda vs Berpengalaman

Preview Spanyol vs Prancis Semifinal Euro 2024: Pertarungan Sengit Anak Muda vs Berpengalaman

JAKARTA, (ERAKINI) - Semifinal Piala Eropa 2024 antara Spanyol vs Prancis akan berlangsung di Allianz Arena, Munich, Jerman, pada Rabu (10/7/2024) dini hari pukul 02.00 WIB. Laga ini akan menjadi pertarungan singit anak-anak muda versus pemain berpengalaman di kedua tim.

Bentrokan seru antara dua raksasa sepak bola Eropa ini jelas sangat menarik untuk disaksikan. Spanyol sejauh ini tampil cemerlang di turnamen Euro 2024, dan satu-satunya tim yang memenangkan seluruh pertandingan.

La Furia Roja teratas dalam hal produktivitas dengan 11 gol dan hanya kebeobolan 2 kali. Spanyol juga unggul dalam total percobaan yakni 102 kali tembakan. Statistik ini menunjukkan betapa impresifnya Spanyol dalam menyerang dan bertahan.

"Para pemain saya tidak pernah puas," kata pelatih Luis de la Fuente setelah kemenangan atas Jerman di perempat final, dikutip dari laman resmi UEFA, uefa.com, Selasa (9/7/2024).

"Tentu saja selalu ada ruang untuk perbaikan, tapi kami tidak bisa mempertanyakan kebanggaan, kualitas, dan komitmen mereka," lanjutnya.

Namun, kali ini tim yang dihadapi La Roja berbeda. Prancis adalah tim yang solid yang telah mencatatkan empat clean sheet dalam lima pertandingan mereka sejauh ini. La Fuente juga menyadari itu.

"Ini adalah pertandingan yang benar-benar baru dan berbeda. (Prancis) penuh dengan pemain yang biasanya sering mencetak gol dan kami aku tidak ingin hal itu terjadi lagi besok," tukasnya.

Les Bleus sedang mengincar final turnamen besar keempat dalam delapan tahun terakhir setelah mencapai final Euro 2016 dan final Piala Dunia 2018 dan 2022, sebuah rekor luar biasa yang membuktikan kualitas mereka di pertandingan besar.

“Kami berada di semifinal dan itu adalah sesuatu yang tidak boleh kami anggap remeh, meskipun kami mungkin sudah terbiasa dengan hal itu akhir-akhir ini,” uajr pelatih Didier Deschamps setelah kemenangan di perempat final atas Portugal. “Sekarang kami akan memenangkannya (melawan Spanyol),” lanjut Descham sesumbar.

Namun, laga ini cukup menarik karena hadirnya banyak anak-anak muda di sisi lapangan. Wartawan ternama Spanyol Graham Hunter dan reporter Prancis Alex Clementson melihat pertarungan taktis lah yang akan menentukan hasil pertandingan ini.

Spanyol dipastikan kehilangan Dani Carvajal dan Robin Le Normand karena skorsing akumulasi kartu kuning, serta Pedri yang cedera. Pelatih Luis de la Fuente kemungkinan memilih Jesus Navas sebagai bek kanan.

Namun, pemain Prancis mana yang akan menjadi rival Jesus Navas? Ada Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, atau Bradley Barcola, jelas semuanya jauh lebih muda dan sangat cepat.  Siapa pun yang jadi lawan, Mbappe jelas akan menjadi sosok yang berbahaya bagi Jesus.

Saat kondisi prima dan performa terbaik, penyerang anyar Real Madrid itu sosok paling berbahaya bagi bek-bek lawan. Hanya, sejauh ini Mbappe belum menunjukkan performa terbaiknya di Euro 2024 dan belum satu pun mencetak gol di luar penalti.

Di sisi lain, Spanyol juga memiliki banyak pemain muda, cepat, dan berani bertarung. "Saya membayangkan para analis Didier Deschamps telah menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu bagaimana mereka bisa, atau apakah mereka bisa menghasilkan solusi mengatasi duo Spanyol Lamine Yamal dan Nico Williams," kata Graham Hunter.

"Anda tidak akan memenangkan trofi besar tanpa melewati ujian seperti ini. Berdasarkan performa saat ini, Spanyol bisa dibilang akan menjadi favorit untuk membalas kekalahan mereka di final UEFA Nations League 2021," lanjutnya.

Bagi Alex Clementson, semifinal ketiga dalam empat kompetisi besar terakhir Les Bleus adalah rekor yang hanya bisa ditandingi oleh sedikit negara. "Mentalitas pemenang akan membuat mereka mendapat manfaat yang baik melawan tim Spanyol yang tampak Tangguh," ucapnya.

Perjalanan ke Semifinal

Spanyol
Penyisihan Grup B
3-0 vs Kroasia (Morata 29, Fabian Ruiz 32, Carvajal 45+2)
1-0 vs Italia (Calafiori og 55)
1-0 vs Albania (Ferran Torres 13)

Babak 16 Besar
4-1 vs Georgia (Rodri 39, Fabian Ruiz 51, Williams 75, Olmo 83; Le Normand dan 18)

Perempatfinal
2-1 vs Jerman (Dani Olmo 51, Merino 119; Wirtz 89)

Perancis
Penyisihan Grup D
1-0 vs Austria (Wober og 38)
0-0 vs Belanda
1-1 vs Polandia (Mbappe 56 penalti; Lewandowski 79 penalti)

Babak 16 Besar
1-0 vs Belgia (Vertonghen og 85)

Perempatfinal
0-0 vs Portugal (Penalti 5-3)

Prediksi Line Up
Spanyol: Unai Simon: Navas, Nacho, Laporte, Cucurella; Olmo, Rodri, Fabián Ruiz; Lamine Yamal, Morata, Williams.

Prancis: Maignan; Kounde, Saliba, Upamecano, Hernández; Kante, Tchouaméni, Camavinga, Griezmann; Kolo Muani, Mbappe.

 


Editor:

Sport Terkini