Dark
Light
Dark
Light
Top Banner

Inggris Tembus Semifinal ke 4 Piala Eropa usai Singkirkan Swiss lewat Adu Penalti

Inggris Tembus Semifinal ke 4 Piala Eropa usai Singkirkan Swiss lewat Adu Penalti

DUSSElDORT, (ERAKINI) - Inggris melaju ke semifinal Piala Eropa 2024 setelah menang adu penalti 5-3 atas Swiss dalam laga perempat final, di Dusseldorf Arena, Jerman, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB. Jordan Pickford menjadi penyelamat Inggris setelah menggagalkan tendangan penalti Manuel Akanji.

Pertandingan harus dituntaskan lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu. Lima eksekutor Three Lions, yakni Cole Palmer, Jude Belligham, Bukayo Saka, Ivan Toney, dan Trent Alexander-Arnold, sukses menjalankan tugasnya.

Sementara penendang pertama Swiss, Manuel Akanji, gagal  mengecoh Jordan Pickfor. Penendang Swiss selanjutnya, Fabian Schar, Xherdan Shaqiri, dan Zeki Amdouni berhasil menyelesaikan tugasnya. Adapun penendang kelima Swiss tidak dilanjutkan setelah Trent Alexander-Arnold sukses menjadi penentu bagi Inggris.

Berdasarkan catatan UEFA, ini merupakan semifinal Inggris keempat di Piala Eropa. Namun, mereka kalah pada Euro 1968 dan 1996, dan hanya lolos sekali ke final, yakni Piala Eropa 2020 dan kalah adu penalti dari Italia. Kemenangan ini juga menambah rekor Inggris tidak terkalahkan dalam 14 pertandingan melawan Swiss sejak Mei 1981, yakni menang 10 dan seri 4 kali,

Jalannya Pertandingan
Sejak awal pertandingan, kedua tim sama-sama menunjukkan determinasi untuk mengambil inisiatif serangan. Inggris, yang memodifikasi formasi mereka menjadi 3-5-2, mengandalkan Bukayo Saka sebagai wing-back kanan yang sangat mengancam.

Namun, meskipun menciptakan beberapa peluang, seperti yang dihadapi oleh Kobie Mainoo, mereka kesulitan menembus pertahanan rapat Swiss.

Swiss, yang dipimpin Granit Xhaka juga menunjukkan performa solid dan mampu merepotkan pertahanan Inggris pada 15 menit awal pertandingan. Namun, pertandingan semakin berimbang seiring berjalannya waktu, dengan Inggris mulai menemukan celah dalam pertahanan lawan.

Pada menit ke-45, Inggris hampir saja memecah kebuntuan melalui Kobie Mainoo, namun sepakan kerasnya berhasil digagalkan Xhaka. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki bBabak kedua, kedua tim tetap bermain tegang.  Swiss mencoba mengancam melalui Breel Embolo pada menit ke-51, namun Jordan Pickford mampu mengamankan gawang Inggris. Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-75 ketika Embolo mencetak gol untuk Swiss, memanfaatkan umpan tarik Dan Ndoye dengan sempurna.

Namun, keunggulan Swiss tidak berlangsung lama. Hanya lima menit setelahnya, Bukayo Saka menyamakan skor untuk Inggris dengan tembakan kaki kiri yang indah dari luar kotak penalti, memanfaatkan cut-in dari sisi kanan. Bola melewati Yann Sommer dan memantul ke gawang setelah membentur tiang.

Hingga waktu normal berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta, sehingga pertandingan melaju ke babak extra time 2x15 menit. Namun, skor tidak berubah 1-1 sehingga pertandingan berlanjut ke babak adu penalti. Ini merupakan kali keempat dari lima perempatfinal turnamen Piala Eropa Inggris ditentukan melalui adu penalti.

Dengan kemenangan ini Inggris melaju ke babak semifinal untuk menghadapi pemenang antara Belanda dan Turki yang baru akan melakoni pertandingan dini hari ini.

 


Editor:

Sport Terkini